Konsen Ekonomi Kreatif, Pimpin Kerabat dan Barkad :Marlin Minta Dukungan Masyarakat Karimun di Batam

Konsen Ekonomi Kreatif, Pimpin Kerabat dan Barkad :Marlin Minta Dukungan Masyarakat Karimun di Batam
Pengurus Kerabat dan Barkad Kota Batam foto bersama dengan Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai pengukuhan yang berlangsung di Golden Prwan Bengkong Kota Batam, Sabtu (30/3/2019) (TRIBUNBATAM.id/ZABUR)

BATAM, (PAB) ----

Istri Wali Kota Batam, Marlin Agustina Rudi dikukuhkan sebagai Ketua Umum Kerabat - Barkad Kota Batam, masa bakti 2019-2023.

Ia menjadi perempuan pertama dan satu-satunya di ke-organisasian sosial Kerabat-Barkad yang menjabat ketua umum.

Kerabat sendiri merupakan singkatan dari Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Karimun Batam. Sedangkan Barkad, Barisan Keamanan Daerah. Bersamaan dengan Marlin, juga dikukuhkan pengurus Kerabat-Barkad lainnya.

Pengukuhan paguyuban masyarakat Karimun di Batam ini, dilakukan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang juga tokoh masyarakat Kepri, Sabtu (30/3/2019) bertempat di Golden Prawn, Bengkong Kota Batam.

Selain Nurdin, juga hadir tokoh masyarakat Karimun lainnya. Sebut saja seperti Wakil Gubernur Kepri, Isdianto, Bupati Karimun, Aunur Rafiq, anggota DPD RI, Hardi S Hood dan lainnya. Selain itu hadir Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam serta pendiri Kerabat dan Barkad Kota Batam. 

Pada kesempatan itu, Marlin meminta dukungan dari masyarakat Karimun di Batam. Supaya ia bisa menjalankan dengan baik amanah yang diberikan kepadanya.

"Jabatan ini bukan saya yang minta, tapi saya diminta. Awalnya saya berpikir, apa saya mampu. Karena sayakan perempuan. Di bawah saya banyak yang lebih tua, banyak juga yang muda," kata Marlin, usai kegiatan silaturahmi dan pengukuhan Kerabat-Barkad.

Namun berkat dukungan keluarga, khususnya suaminya, Rudi, Marlin akhirnya berani mencoba amanah yang diberikan kepadanya itu.

"Kalau tak coba, tak tahu kendalanya dimana. Kalau baik lanjutkan. Kalau tidak, tentu ada langkah-langkah berikutnya," ujarnya.

Disinggung soal program kerja, Marlin mengaku belum bisa memberikan janji-janji. Ia masih akan merapatkan hal itu dahulu dengan pengurus lainnya.

Meski begitu, mengingat pengalamannya selama ini sebagai Ketua GOW Batam, Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ketua Dekranasda Kota Batam, ia juga punya konsen untuk menggerakkan ekonomi anggotanya lewat kegiatan ekonomi kreatif.

Ia yakin dengan semangat bersama, harapan itu bisa terwujud.

"Kami berharap keberadaan kami ini bisa berkontribusi dengan pemerintah. Kebetulan suami saya wali kota, mungkin dinilai lebih mudah akses ke sana. Pintar orang-orang ini milih saya ya," kata Marlin seraya tertawa.

Senada dengan Marlin, Gubernur Kepri, juga mengharapkan hal yang sama. Nurdin berharap, keberadaan Kerabat bisa memberikan kontribusi besar bagi pemerintah maupun sesama masyarakat Karimun, dan lainnya di Batam.

Iapun menyatakan rasa bangganya, banyak orang Karimun yang kini menjadi tokoh masyarakat, birokrat dan politik di Batam.

"Saya atas nama pribadi, dan masyarakat Karimun berharap, Kerabat bisa ikut berperan dengan masyarakat lain. Karena Batam ini masyarakatnya majemuk, beragam," kata Nurdin.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq berharap, kepengurusan Kerabat dan Barkad Kota Batam bisa berjalan dengan baik dan bisa membawa masyarakat Karimun di Batam, maju di kemudian hari.

"Pesan saya, bantu Pemko Batam ambil bagian dalam pembangunan Batam. Ingat, dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," kata Rafiq.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Rudi mengingatkan akan demokrasi dan transparansi.

"Bawalah demokrasi dalam memimpin organisasi. Walaupun Marlin ini istri saya. Kedua, transparan dalam koordinasi. Mudah-mudahan Kerabat-Barkad ini hebat, dan bisa ikut mengembangkan perdagangan di Batam, sampai ke luar negeri," harap Rudi.(*)

Berita Lainnya

Index